MPASI Bubur Beras Jagung Wortel

MPASI Bubur Beras Jagung Wortel bermanfaat untuk kesehatan buah hati Anda karena mengandung banyak serat dan nutrisi. Jagung juga sangat populer di dunia sebagai bahan makanan pokok untuk sumber kalori yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. MPASI 6 bulan wajib diberikan pada bayi yang telah lulus ASI Eksklusif. Pemberian MPASI tidak boleh terlalu dini ataupun terlambat. MPASI dini dapat beresiko terhadap saluran cerna sikecil, dimana usia sebelum 6 bulan pencernaanya belum siap menerima makanan padat. Kandungan ASI saat bayi berusia 6 bulan juga mulai berubah, bayi membutuhkan asupan makanan lain sebagai sumber nutrisi. Maka, pemberian MPASI harus tepat usia 6 bulan atau 180 hari.

Untuk bayi yang sudah boleh makan selain ASI usia 6 bulan ke atas, kamu bisa memberikan si kecil menu bubur yang sangat halus dengan nutrisi yang terjaga, salah satunya adalah dengan membuat MPASI Bubur Beras Jagung Wortel. Ini resepnya.

Bahan:
  • 100 gr nasi
  • 75 gr jagung
  • 75 gr wortel
  • 1 sdm daun bawang
  • 100 ml air kaldu ayam
  • 1 sdm mentega (tanpa rasa)
  • 50 gr ikan kakap
  • ½ siung bawang putih, cincang

Cara membuat:
  1. Masak air kaldu, masukkan nasi, jagung, wortel, dan daun bawang.Aduk.
  2. Pada wajan terpisah, tumis bawang putih dengan mentega, masukkan ikan kakap. Aduk sampai matang, lalu angkat.
  3. Masukkan ikan kakap yang sudah ditumis ke dalam bubur nasi.
  4. Dengan hand blender, haluskan bubur hingga lembut. Angkat.
  5. Hidangkan bubur selagi hangat.
Tips:
Anda bisa membuat kaldu ayam dengan cara merebus 6 potong kaki ayam, 1 bh wortel, dan daun seledri dengan ± ½ liter air sampai air berkurang menjadi 150 ml. Kaldu ini selain dapat menambah cita rasa nasi ayam, juga kaya akan gizi karena kaki ayam mengandung zat kapur dan sejumlah mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang buah hati Anda.
MPASI Bubur Beras Jagung Wortel - MPASI Bunda.com
Documen pribadi/gambar memiliki hak cipta
Bantu Berikan DONASI jika artikel ini dirasa bermanfaat, Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain MPASIBunda.com